Iklan

Cara mengatasi Mozilla Firefox Not Responding

Cara Mengatasi Mozilla Firefox Not Responding 
Apa yang kamu rasakan ketika sedang asyik browsing menggunakan Firefox dan tiba-tiba mengalami freeze atau not responding? Atau bagaimana jika Firefox sama sekali tidak bisa dibuka karena terus saja not responding saat dijalankan? Pastinya kesal sekali khan? Bagi kamu yang mengalami hal ini, berikut ini kita berikan beberapa cara mengatasi Mozilla Firefox yang not responding.

1. Melakukan pemeriksaan pada Add-ons
Dalam beberapa kasus yang menyebabkan masalah pada Firefox misalnya, lemot, hang ataupun freeze bisa disebabkan oleh add-on, entah itu terlalu banyak ataupun tidak sadar menginstall add-on yang justru bisa menyebabkan masalah pada Firefox. Untuk itu cek kembali add-on yang terinstall di Firefox kamu. Jika add-on yang terinstall terlalu banyak, remove add-on yang jarang atau bahkan tidak pernah kamu gunakan lagi.
Kamu bisa mengakses Add-ons yang terinstall di Firefox melalui menu Settings > Add-ons > Extensions
Cara Mengatasi Mozilla Firefox Not Responding 

 2. Melakukan pemeriksaan pada Plugins
Selain pada add-ons, penyebab masalah pada firefox bisa juga dari plugins nya, kamu bisa coba untuk mengunjugi Mozilla Plugin Check dan melakukan update ke semua plug-in yang sudah lama tidak terupdate. Kamu juga dapat mendisable semua plugins yang ada dan periksa mana yang menyebabkan Firefox crash dengan cara mengenable nya satu per satu. Jika sudah ketemu, remove plugin tersebut.

3. Pastikan Firefox selelu Up to date
 Disetiap versi Firefox yang terbaru pastinya ada peningkatan Perfoma serta perbaikan pada bug-bug yang ada. Nah dengan melakukan update pada Firefox kamu mungkin bakal bisa menghindari terjadinya Not Responding di Firefox. Cara updatenya pilih Options pada bagian kanan atas Firefox, lalu pilih Help (?) yang berada dibagian bawah bagian Options, kemudian pilih About Firefox.
 
Dengan begitu Firefox mendownload versi terbaru (jika ada). atau kamu dapat mensetting Automatic update untuk mendapatkan update secara otomatis begitu sudah terkoneksi dengan Internet.

4. Pastikan tidak banyak menggunakan program

Ini perlu diperhatikan bagi kamu yang memiliki PC berspesifikasi minim tetapi membuka banyak Task Program. Jika kamu memiliki spesifikasi hardware yang minim, saya sarankan kamu tidak membuka banyak task pada saat menjalankan Firefox agar mengurangi terjadinya Not Responding. Hal ini karena membuka banyak task program di spesifikasi hardware yang minim akan sangat memakan resource, terutama pada RAM dan CPU, yang tentunya akan memperlambat dan memperberat kinerja Firefox.

5. Reinstall Mozilla Firefox
Jika semua cara itu tidak berdampak apapun pada Mozilla Firefox kamu, mungkin kamu bisa menggunakan re-install pada Firefox secara “Clean” (bersih), termasuk menghapus Folder Firefox, plug-ins, add-ons, dsb. untuk mempercepat prosesnya kamu dapat menggunakan software uninstaller seperti Revo Uninstaller.

Sekian dulu tips dari saya. Thanks

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara mengatasi Mozilla Firefox Not Responding"

  1. Saya juga sering kali mengalami hal demikian Gan, Apalagi browser langsung restart, rasanya mau nelen aja tuh monitor...
    Trims ya atas tips nya, saya akan coba praktekkan... salam

    BalasHapus